Thursday, April 23, 2015

Cara Menjinakkan Sugar Glider Joey Paling Cepat dan Ampuh supaya Bonding


Gimana sih Cara Cepat Menjinakkan Sugar Glider? Cara merawat sugar glider biar dia bonding? Ada cara cepat bonding nggak? Sampai saat ini, siapa yang SGnya masih crabbing terus saat diambil? Pasti bikin bete sekaligus ngeri-ngeri sedap gitu kan?



Hari ini mari belajar bersama! Mimin akan share tips rahasia mimin Sugar Glider Academy untuk menjinakkan SG yang sudah mimin lakukan beberapa tahun belakangan ini.




Oh ya, semakin muda usia SG, akan semakin mudah untuk menjinakkannya. Tapi ingat, menjinakkan di 'usia muda' itu sebenarnya tugas seorang breeder yang baik, sebelum diberikan pada adopternya. Karena breeder memiliki akses krusial pada SG yang baru lahir. Mereka bisa memulai sedini mungkin, sementara adopter hanya bisa memulai bonding ketika sang SG sudah bisa makan sendiri.

Tekhnik dan tips Bonding ini tidak akan atau sulit sekali berhasil apabila dilakukan untuk sugar glider berusia lebih dai 6 bulan, sudah terlambat itu.

Ok, apa aja nih langkah-langkahnya?
Semua sudah mimin Sugar Glider Academy rangkum dalam video dibawah ini, silahkan langsung saksikan dan catat ya :D



Buat yang buferingnya lama, mimin juga share via tulisan nih.

Tips cepat membuat sugar glider bonding.

1. Handsfeed



Memberi makan menggunakan jari-jarimu. Mimin Sugar Glider Academy terus menerus melakukan ini, sekarang SG mimin malah mengejar-ngejar tangan saat mereka lapar.

2. Be familiar

Kenalkan tanganmu ke dalam pouch tidur mereka. Lakukan ini dikala dirimu senggang, dan siang hari saat mereka mengantuk. Bisa sambil melakukan aktivitas lain, misal menonton tv dan lainnya. Mereka akan menggigit kepo pada tanganmu, nikmati saja gigitannya. Anggap itu terapi gigit yang sama seperti terapi gigit ikan yang dulu booming itu lho. Lakukan selama berhari-hari sampai mereka tidak lagi crabbing saat kamu memasukkan tanganmu ke dalam pouch.

3. Hold in Hand

Ajak main dan dekap dia dalam tanganmu. Buat dia tertidur lelap di dalam tanganmu.

4. Bring Him/Her Everywhere

Ajak mereka jalan-jalan. Di kantong, di pundak, dan dimanapun. Apabila dirasa belum terlalu bonding, jangan nekat, kecuali kalo kamu bisa mengawasi mereka. Lari sugar glider amat sangat cepat lho :)

5. Put Used Cloth

Letakkan pada kandangnya baju bekas yang baru saja kamu gunakan. Pastikan bajumu kering dan tidak berkeringat.

Nah, terus apa sih keuntungan atau keunggulannya kalau sugar glider kita sudah bonding?

Siapa sih yang nggak mau SGnya akrab kaya di video ini? :p



Gimana? 
Sekarang udah nggak bingung lagi kan dengan cara menjinakan dan bonding sugar glider?
Oke, Semoga membantu, semoga cepet bonding dengan suga glidernya ya :)
Untuk para adopet baru, selamat bergabung dan selamat menikmati asyiknya dunia sugar glider! :D

Salam dari Sugar Glider Academy!
One Stop Sugar Glider Service in Yogyakarta.

29 comments:

  1. Untuk kandangnya. . . apa perlu dikasi lampu ndak...???

    ReplyDelete
  2. ha? baru denger dikasih lampu...
    SG kan hewan nocturnal, lebih gelap ya lebih bagus

    ReplyDelete
  3. klo dikamar ane pake lampu tidur gapapa kan ya? terus si joey ane baru keluar terus kerjaanya tidur mulu +_+ gak siang gak malem.. apa itu prilaku joey? thanks gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal ga terlalu terang gpp :) joey emang butuh waktu bobo lebih banyak, tp tetep aja sebagai owner harus mengajak (sedikit memaksa) main dia sebanyak mungkin supaya nanti saat udah gede gak jadi sg pemalas yang tiap hari cuma tidur dan pup :)

      Delete
  4. Saya baru adopt joey jantan hari ini dan saya pemula. mudah2an cara ini cocok.
    Btw saya kerja dari pagi sampai sore gimana caranya biar cepet juga bondingnya ?

    Trims

    ReplyDelete
  5. Gan kan ane baru new (pemula) pelihara joey SG tapi ko dia udah jalan 4 hari masig suka gigit dan crabbing. Minta saran nya gan biar joey nya ga gigit lagi sama biar ga crabbing lagi? Thanks gan

    ReplyDelete
  6. kak mau nanya, kalau dia di taruh dikamar / ruangan ber AC, kira kira suhu 25 derajat celcius dia bisa sakit gara gara kedinginan ga ?

    ReplyDelete
  7. Salam keitaro.. (handfeed) harus dilakukan berapa hari untuk tips bonding seterusnya? (be familiar) juga harus dilakukan berapa hari untuk tips seterusnya? Tolong jelaskan ya satu2 hingga akhir.. pleaseeee..

    ReplyDelete
  8. Saya baru beli joey dia suka crabbing gmna biar dia gk crabbing ama nggk gigit ?

    ReplyDelete
  9. Gan gua baru beli joey trus dia suka crabbing sama gigit gimana caranya biar dia gk gigit sama gk crabbing ?

    ReplyDelete
  10. mau tanya dong kalo sgnya gabetah di tangan gimana ya maunya loncat" kemana mana ?

    ReplyDelete
  11. Malam min,,SG saya kenapa kagetan yah ? Cara biar gak kagetan gmna yah min?
    SG saya terlalu aktif gak kaya SG biasannya..
    Biar agak terlalu aktif gmna yah min? Mohon jawabannya,,Terimakasih min :)

    ReplyDelete
  12. Gan ane adopt SG dewasa. Dia galak bahkan suka gigit tiba tiba. Pouchnya pun rusak di gigit di bagian untuk udaranya. Gimana cara bondingnya? Tahap 1 pun susah. Suhu untuk seekor SG berapa dan makanan rekomendasinya apa?

    ReplyDelete
  13. Sangat bermanfaat, terima kasih :)

    ReplyDelete
  14. Gan klo pny ane sg ny udh umur 3bln lg jln mw k 4bln msh bsa jinak g y gan??
    Trz klo mw d pegang crabbing gt sama mw gigit..
    Mnta pencerahan dong gan terima kasih

    ReplyDelete
  15. Gan sg ane 3bln jln 4 bln trz suka crabing trz ky mw gigit klo d deketin,,
    Msh bsa jinak g ya gan ??
    Pencerahan dong gan terimakaih

    ReplyDelete
  16. SG sy sudah ga crab lagi cuma akhir2 ini ko jadi suka gigit2 ya ? Itu kenapa ?terus tips tadi di lakukan sampe kapan ?
    0h ya SG sy umurnya 2 bln lebih . Mohon pencerahan nya makasih. :)

    ReplyDelete
  17. saya punya SG 1 bulan, suka kencing dan poop di tempat tidur, dan skrg badan SG agak berbau, bagaimana cara mengatasi nya yah? apa harus di mandikan SG nya ini?? terima kasih

    ReplyDelete
  18. Saya baru adopt joey beberapa hari yang lalu. Apa cara ini bisa dilakukan sekaligus?

    ReplyDelete
  19. Gimana sih rasanya klw di gigit SG 2bulan, sakit kah ? Rasa sakitnya itu seperti apa kak ?

    ReplyDelete
  20. Min, saya barusan adopt sg betina nih alhamdullilah 3 hari ini crabbingnya udah agak hilang nah yang saya tanyakan kenapa masih jumpy(gak bisa anteng)ya ? Terus cara buat si joey anteng gimana min?untuk umur kira" -+4blan mohon bantuannya :)

    ReplyDelete
  21. Saya mau tanya, saya punya sg sepasang kalau malam dilepas dikamar gak papakan, kadang saya suka ngajak jalan2 pakai bounding pounch, terus makan bubur sun + madu atau minyak ikan boleh nggak..?? Trims sebelumnya

    ReplyDelete
  22. Saya punya sg sepasang klau malam suka saya lepas dikamar sktr 2 jam ntar tak masukkin kandang lagi, kadang suka tak bawa main2 klau malam, terus makan bubur sun pisang tambah madu atau minyak ikan boleh nggak...??? Trim's

    ReplyDelete
  23. Misi gan saya mao tanya...
    SG saya sudah OOP baru beberapa hari.. Kemudian bagaimana yaaa cara saya menjinakan joeynya? Apakah setelah saya ambil joey untuk di elus2 indukan akan tetap menerima joey tersebut??
    Soalnya SG saya WC gan jadi niatnya elus2 joey biar jinak dari kecil..
    Terima kasih atas jawabannya..

    ReplyDelete
  24. Kalo Adopt joey tapi cuman seekor aja gpp?

    ReplyDelete
  25. Mas sy baru prtama kali pelihara sg, masih joey baru 2 bulan katanya.. Tapi crabbing terus kalau didekatin.. Gimana mau handsfeed, baru ngulurin tangan aja udh mau nyerang.. Gimana nih tipsnya biar dari diri kita berani buat mulai handle ke joey nya? Terus kalau masih belim berani megang pakai tangan kosong, apa ga akan apa2 kalau ngambil atau megang pakai handuk? Bls ya, trims

    ReplyDelete

Ada pertanyaan? Silahkan komen yaaa ;)